Apa satu tips buat nulis lebih bagus secara instan?

Kalau aku cuma boleh ngasih kamu satu tips buat nulis lebih bagus secara instan itu bikin orang ngerti. Iya, aku tau aku curang. Itu gabungan dari dua tips. Tapi memang komponen utama tulisan bagus cuma dua:

  1. Flow
  2. Clarity

Flow itu kamu udah jago dari ngomong sehari-hari. Kamu cerita keseruan film favoritmu itu sudah ada flownya. Kamu jelasin cara masak indomie itu udah ada flownya. Bisa flow dari alur logika sama alur waktu. Jangan lompat dari awal ke akhir terus ke tengah. Urut, dari awal sampai akhir, dari ide pertama sampai kesimpulan.

Clarity itu ngomong soal kejelasan. Jangan banyak jargon. Mau tau apa itu jargon? Jargon itu semua kata aneh yang anak SD kelas 4 nggak akan ngerti. Kata-kata kayak:

  • Spesialisasi (pake aja, “jadi spesial”)
  • Komunikasi (pake aja, “ngomong”)
  • Sendimentasi (pake aja, “jadi ampas”)

Notice kalau aku nggak ngomong apa-apa soal tata bahasa atau ejaan yang disempurnakan. Nggak perlu. Satu kalimat isi dua kata juga nggapapa. (Ngomong struktur, asal ada subjek (pelaku) atau predikat (tindakan) itu udah boleh dikasih titik)

Kalau kamu nggak pernah ngomong “sendimentasi” waktu bikin kopi, nggak usah dipake.

Apotik atau apotek sama aja, orang ngerti kok maksudmu itu toko obat.

Kalau nggak perlu diulang, jangan diulang. “Mama beli buah. Maka dari itu, buah itu dibeli mama.” Kalimat kedua dihapus aja.

Kata “sangat” juga biasanya nggak ada gunanya. “Kemarin aku sangat sedih.” Nggak ada bedanya sama “Kemarin aku sedih.” Kalau memang keadaannya parah, digambarkan aja. “Kemarin aku nggak bisa berhenti nangis sampai subuh.”

Kesimpulannya, pakai apapun cara supaya tulisanmu lebih gampang dimengerti. Semua yang membantu, masukin aja. Semua yang mengganggu, dibuang aja.

Itu satu tips buat kamu bisa nulis lebih bagus secara instan. (Iya aku tahu, aku kasih delapan tips. Anggep aja bonus dari aku)

Happy writing!

Join the ConversationLeave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment*

Name*

Website

Comments

  1. Xarista

    Whoooo 😍😍😍😍 nice babe
    Setuju!!! Intinya gaya nulis dan ngomong kita sebisa mungkin jangan dibedakan. Semakin kita nulisnya sempurna semakin baku bahasanya semakin orang yang baca punya rasa gap yang besar sama kita jadi ujung-ujungnya mereka males baca deh

    1. Yes! Sometimes following rules hurts more than breaking it. Thank you dear 😍😍