“Sibuk” itu defence mechanism for the pain of growth.

Tanpa kita sadari, kita selalu sibuk. Buat kita, sibuk itu enak. Sibuk itu bikin kita ngerasa profuktif. Tapi sebatas itu aja. Cuma perasaanmu.

Kadang kita terjebak sama rutinitas. Kita berpikiran kalau rutinitas itu yang terbaik. That might be true. But in most cases, it is not. Tanpa sadar rutinitas yang kita jalani itu bukan desain kita, tapi desain dari orang lain.

Para digital marketer mendesain medsos supaya kamu scrolling apps mereka terus. Kalau bisa 4 jam tiap hari atau lebih. Karna mereka dapat uang dari banyaknya iklan yang kamu lihat. It’s their design for you to scroll on their apps.

Take a moment and answer this question to take back the control for your life:

“Hal apa yang bisa aku lakuin yang bikin aku merasa puas sama hari ini? (meskipun akhirnya aku nggak ngelakuin apapun selain satu kegiatan ini)”

Nanyain pertanyaan itu memang bikin kamu ngerasa nggak nyaman. Tapi justru itu hal yang esensial, karena pertanyaan itu yang bawa kamu keluar dari comfort zone. Perasaan nggak nyaman ini rasa aslinya dari bertumbuh.

Bertumbuh itu memang nggak nyaman. Tapi setelah kamu sampai di level yang lebih tinggi dari sebelumnya, everything will feel better.

Kalau aku nggak maksa mendesain rutinitasku buat belajar ngomong sama orang asing, aku nggak akan kenal sama pacarku sekarang.

Kalau aku nggak maksa mendesain rutinitasku buat belajar ilmu tambahan selain desain, aku bakal lontang-lantung bingung kerja apa.

Kalau aku nggak maksa mendesain rutinitasku buat stop konsumsi gula berlebih, berat badanku pasti udah 100 kg lebih.

Semua itu nggak bakal terjadi kalau aku melindungi diri pakai alesan, “sibuk.”

Join the ConversationLeave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment*

Name*

Website

Comments

  1. Xarista

    Betulll!!!
    Pertanyaannya sekarang adalah, kita mau maju dan berkembang ga. Kalo mau emg harus kluar dri comfort zone klo gamau yaudah, don’t do it
    Thank you, dear ❤️

    1. Yes! Semua tergantung dari diri sendiri. Mau naik level atau stay. Feeling yang dirasain itu bagian dari challengenya. It is my biggest pleasure, honey ❤️